Kepsek SMAN 7

Hj Asri Widiapsari S.Pd M.Pd
Kepsek SMA Negeri 7 Malang


Ads on:


Contact Us






Contact Information

SMA Negeri 7 Malang
JL. Cengger Ayam 1 / 14
Malang 65141
Indonesia
Telp. : +62341-495256
Fax. :  
+62341-408988

sekolah[at]sman7malang.sch.id

Follow us on Twitter

Join us on Facebook

 
Disiapkan, Buku PanduanPendidikan Karakter
Tuesday, 02 August 2011 02:16
MALANG - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang menyiapkan buku panduan untuk aplikasi pendidikan karakter di sekolah. Buku panduan ini ditargetkan bisa rampung tahun depan. Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan sejak dicanangkan pendidikan karakter, sekolah masih melakukannya secara mandiri.

”Belum ada panduan mengenai bagaimana pelaksanaan pengajaran di kelas, karena itu kami akan menyusun buku panduannya untuk sekolah,” kata dia. Penyusunan buku panduan pendidikan karakter ini rencananya akan melibatkan pengawas pendidikan dan konsultan dari perguruan tinggi. 
 
Tentu saja, sambungnya, modul yang akan disusun itu mengacu pada grand desain pendidikan karakter yang sudah disusun oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Selanjutnya modul akan diujicobakan di beberapa sekolah negeri yang kemudian diharapkan bisa dikembangkan di tingkat kecamatan. ”Kedepan pendidikan karakter ini akan menjadi salah satu materi muatan lokal (Mulok) wajib di Kota Malang,” tegasnya.
 
Sementara itu Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) juga sudah merampungkan grand design pendidikan karakter. Grand ini dirampungkan pada akhir Juli lalu.  Direktur Pendidikan Dasar Kemdiknas, Prof Dr Ibrahim Bafadal saat launching pendidikan karakter di Malang beberapa waktu lalu menuturkan

sebenarnya pendidikan karakter bukan barang baru. Penerapannya di sekolah-sekolah sudah lama. Itu tampak dari sejumlah mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah yang pada dasarnya mengarah ke pembentukan karakter siswa. ”Yang jelas pendidikan karakter ini berbeda dengan P4 zaman dulu, tapi lebih mengarah pada aplikasi,” tegasnya.

Mengawali kegiatan pendidikan karakter ini Kota Malang beberapa waktu lalu juga sudah melaunching Malang Berdoa. Yaitu mendorong sekolah untuk membiasakan siswanya berdoa diawal pelajaran. Dengan kebiasaan ini diharapkan siswa bisa lebih tenang dalam belajar. ”Dulu banyak tawuran dan semacamnya, sejak program ini digelar hal-hal negatif pun bisa diminimalisir,” tandasnya.
 
copyright by Malang Post 02 Agustus 2011
Disiapkan, Buku Panduan Pendidikan Karakter
 

Ads on:
Featured Links:
IKA-SABHATANSA.NET
Sistem Informasi Alumni SMA Negeri 7 Malang
OSIS SMAN 7
Sistem Informasi OSIS,MPK & Ekskul SMA Negeri 7 Malang
Perpustakaan Online
Sistem Informasi Perpustakaan SMA Negeri 7 Malang
Buku Tamu
Sistem Informasi Buku Tamu SMA Negeri 7 Malang

Misi SMAN 7 Malang

  1. Menciptakan Siswa yang berwawasan IMTAQ dan IPTEK
  2. Meningkatkan mutu Sekolah yang mampu bersaing dalam era globalisasi
  3. Meningkatkan mutu sekolah yang mempunyai nilai tambah
  4. Menciptakan sekolah berwawasan lingkungan

Ads on: